Jumat, 19 Desember 2014

WORKSHOP PENGEMBANGAN KARIR PTK MGMP MATEMATIKA SMP KABUPATEN BANTUL TAHUN 2014



 WORKSHOP PENGEMBANGAN KARIR PTK MGMP MATEMATIKA SMP KABUPATEN BANTUL TAHUN 2014

Guru  sebagai  tenaga professional mempunyai tugas,  fungsi,dan kedudukan yang sangat sentral dan strategis  dalam penciptaan insan Indonesia cerdas, kompetitif, dan komprehensif. Oleh karena itu,   profesi  guru  harus  dikembangkan sebagai  profesi  yang  bermartabat.  Di  satu sisi, pengembangan guru sebagai profesi memerlukan suatu sistem pembinaan dan pengembangan  profesi guru secara terprogram  dan berkelanjutan.  Pada  sisi yang  lain,  pembinaan  guru  sebagai  profesi memerlukan  pengembangan karir  yang  sesuai dengan  kebutuhan.  Artinya, pengembangan profesi  dan karir  guru  khususnya, dan pengembangan karir  guru  pada umumnya  sangat  penting  dan  diperlukan  untuk  mendukung  terwujudnya  guru  yang profesional.
Berdasarkan  Peraturan Menteri   Negara  Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permeneg PAN dan  RB)  Nomor  16 Tahun  2009  tentang  Jabatan Fungsional Guru  dan Angka Kreditnya, Pasal 1  butir  5, telah dirumuskan bahwa yang dimaksud   dengan pengembanganm keprofesian berkelanjutan adalah pengembangan kompetensi  guru   yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, dan berkelanjutan untuk meningkatkan  profesionalitasnya.  Pengembangan keprofesionalan dimaksud merupakan   salah  satu  komponen   pada   unsur   utama  yang   kegiatannya diberikan angka kredit dan merupakan salah satu persyaratan yang  wajib dipenuhi oleh guru  untuk  kenaikan pangkat/golongan dan jabatan setingkat lebih tinggi yang  dalam konteks ini sangat erat kaitannya dengan pengembangan karir guru.
Untuk memenuhi kebutuhan guru seperti tersebut diatas maka MGMP Matematika SMP Kabupaten Bantul melalui dana Block Grant ini melaksanakan kegiatan workshop pengembangan karir PTK. Tujuan diselenggarakan workshop ini adalah mengembangan  karir  PTK bagi guru SMP mata pelajaran matematika di lingkungan dikdas Kabupaten Bantul khususnya di bidang penulisan karya ilmiah dan  peningkatan  kemampuan guru Matematika SMP di Kabupaten Bantul dalam rangka penguatan implementasi kurikulum 2013 serta pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. 
Untuk mendukung ketercapaian dari tujuan workshop ini panitia juga mengundang Nara Sumber yang berkompeten pada materi yang disajikan yaitu Nara Sumber dari unsur Dosen dari Universitas PGRI Yogyakarta, Widya Iswara dari LPMP, Widya Iswara dari PPPPTK Matematika Yogyakarta, Kepala Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul, Pengawas dari Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul, Instruktur Nasional Kurikulum 2013 dan Assesor PKG. 
Kegiatan tersebut diikuti oleh 30 orang peserta dari sekolah Negeri maupun Swasta yang ada di kabupaten Bantul, dilaksanakan mulai tanggal 11 November sampai dengan 6 Desember 2014 dengan pola 82 jam @45 menit bertempat di SMP Negeri 1 Bantul.
Semoga apa yang telah diperoleh oleh para peserta dapat dilaksanakan dalam tugasnya sehari - hari sehingga kompetensi para guru dapat meningkat. Amin



Tidak ada komentar: